Visa Selandia Baru

Selandia Baru adalah salah satu dari banyak negara yang menyerahkan proses pengajuan aplikasi visa bagi warga negara Indonesia pada VFS Global. Meskipun begitu, tiap negara memiliki syarat dan aturan yang tidak sama. Proses aplikasi visa Selandia Baru berbeda dengan visa AustraliaDenmark, maupun Norwegia walaupun sama-sama menggunakan VFS Global.

Informasi ada di sini untuk melihat jenis visa yang sesuai dengan kebutuhan kunjungan. Kami menggunakan jenis visa untuk kunjungan kurang dari 6 bulan (INZ 1017). Dokumen-dokumen yang diperlukan adalah:

  • Formulir Aplikasi INZ 1017 yang telah diisi lengkap.
  • Dua lembar pasfoto berwarna terbaru kurang dari 6 bulan, ukuran 3.5×4.5cm, untuk setiap orang yang termasuk dalam aplikasi.
  • Paspor yang masih berlaku, biasanya waktu tenggat adalah 6 bulan.
  • Rekening bank untuk 3 bulan terakhir. Cetak dari mutasi e-banking dan legalisir ke kantor cabang bank terdekat, cara ini jauh lebih murah daripada meminta bank mencetak rekening koran. Jumlah minimal NZD 1.000 per bulan, atau NZD 400 per bulan jika akomodasi telah tersedia.
  • Surat keterangan bekerja dalam bahasa inggris dan surat ijin cuti.
  • Salinan Kartu Keluarga.
  • Salinan tiket untuk perjalanan pulang pergi. Bisa memakai tiket pesawat booked without issued, sehingga tak perlu membeli tiket sebelum visa keluar.

Biaya per aplikasi visa adalah Rp1.650.000. Untuk keberangkatan bersama keluarga memang lebih murah lewat cara klasik seperti ini, karena per aplikasi bisa untuk 5 paspor (Suami, istri, dan 3 anak).

Jika belum berkeluarga, aplikasi visa lebih cepat dilakukan via daring (online) di sini. Siapkan kartu kredit untuk membayar biaya sebesar NZD165. Dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan visa ini adalah bukti pembayaran dan paspor asli.

Untuk penghitungan biaya visa yang lebih detil ada di sini. Seperti biasa, ada tambahan biaya logistik dari VFS Global, untuk visa Selandia Baru dikenakan biaya sebesar Rp240.000.

Lalu datanglah ke VFS Global untuk mengumpulkan semua dokumen itu di hari kerja pukul setengah sembilan pagi sampai empat sore, di:

VFS Global
Kuningan City Mall, 2nd & 3rd Floor,
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18 – Setiabudi,
Kuningan Jakarta – 12940.

Telp: +62 21 3041 8701
Email: [email protected]
Website: http://www.vfsglobal.com/newzealand/indonesia/index.html

Perkiraan waktu proses dari memasukkan aplikasi sampai keputusan visa dari kedutaan Selandia Baru adalah 7 hari kerja. Pada kasus kami, visa disetujui di hari kerja ke-3. Mari kita berkelana ke Middle Earth, seperti kata Bilbo Baggins, karena tak semua pengelana tersesat.

visa-nz
Tiket ke Middle Earth

All that is gold does not glitter,
Not all those who wander are lost;
The old that is strong does not wither,
Deep roots are not reached by the frost.

From the ashes a fire shall be woken,
A light from the shadows shall spring;
Renewed shall be blade that was broken,
The crownless again shall be king.

~ Bilbo Baggins dari Shire

kakilangit

Certified scuba diver, avid traveler, zealous book reader, amateur photographer

Latest posts by kakilangit (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You can use markdown, yes that awesome markdown.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.