SIM Internasional

Saya rasa semua warga negara sudah tahu untuk dapat mengendarai kendaraan bermotor secara legal dibutuhkan SIM (driving license). Karena tidak semua daerah memiliki transportasi publik yang bagus, maka kepemilikan kendaraan pribadi, dan tentu dengan surat ijin mengemudikannya menjadi hal yang lumrah.

Sayangnya SIM kita yang berwarna putih dengan hasil foto wajah yang tak pernah kece itu tidak berlaku di luar Indonesia. Mungkin ada beberapa negara yang tidak begitu tegas menindak pelanggaran ini, tapi tentunya hal ini berbeda keadaannya jika terjadi di negara tertib.  Di Australia misalnya; denda tilangnya bisa mencapai 50 juta rupiah, dan kurungan setahun.

Untuk menghindari masalah di atas, PBB menyepakati adanya SIM Internasional berdasar konvensi lalu lintas Wina tahun 1968. Di Indonesia sendiri, penerbitan SIM model ini di bawah Kepolisian Negara Republik Indonesia. Tepatnya di Korlantas Polri di Jakarta.

Berita buruknya; setahu saya, pembuatan SIM ini tidak bisa diwakilkan. Maka seluruh warga negara Indonesia yang ingin membuat SIM ini harus datang ke Jakarta.

Berita baiknya; pembuatan SIM ini benar-benar mudah dan cepat.

Syarat-syarat Pembuatan SIM Internasional

  1. KTP & copy.
  2. Paspor & copy.
  3. SIM & copy.
  4. Materai Rp6.000.
  5. Pas Foto 4×6 3 lembar terbaru (untuk pria berdasi & wanita menggunakan blazer. Latar belakang  biru).

Untuk biaya pembuatan SIM baru adalah Rp250.000 dan Rp225.000 untuk perpanjangan. SIM sendiri berlaku sampai 3 tahun. Penggolongan SIM internasional sedikit berbeda dengan SIM domestik, sebagai berikut:

A: sepeda motor.
B: mobil biasa bobot max 3,5 ton.
C: mobil lebih besar sampai trailer kecil bobot lebih dari 3.5 ton.
D: bus lebih dari 8 orang penumpang.
E: kendaraan lebih besar dari B, C, dan D.

Datang langsung ke Korlantas Polri di Jl. MT Haryono Kav 37-38, atau bisa klik link ke Google Map berikut:
https://www.google.co.id/maps/@-6.243517,106.855438,19z?hl=en

Pelayanan buka pada hari Senin sampai Jumat, pukul 8.30-15.00, dengan asumsi istirahat siang pukul 12.00-13.00. Langsung ambil nomor antrian pada mesin di depan pintu masuk. Pada kasus saya dari nomor 37 ke 50 hanya membutuhkan waktu 45 menit. Dan setelah proses sekitar 10-15 menit, voila: saya resmi jadi supir internasyenel.

SIM Internasional

Note:
Daftar negara di mana kita tidak kena tilang ketika kita sudah memiliki SIM Internasional.

Afghanistan, Yunani, Oman, Albania, Grenada, Pakistan, Aljazair, Guatemala, Panama, Andora, Guernsey, Papua New Guinea, Angola, Guinea, Paraguay, Antigua, Guinea-Bissau, Peru, Argentina, Guyana, Filipina, Armenia, Haiti, Polandia, Australia, Honduras, Polynesia, Austria, Hong Kong, Portugal (termasuk Madeira & Azores), Azerbaijan, Hongaria, Bahama, Islandia, Principe, Bahrain, India, Qatar, Banglades, Rumania, Barbados, Iran, Rwanda, Belarusia, Irlandia, Rusia, Belgia, Israel, San Marion, Belize, Italia, Sao Tome, Benin, Pantai Gading, Arab Saudi, Bhutan, Jamaika, Senegal, Bolivia, Seychelles, Brasil, Jersey, Sierra Leone, Botswana, Yordania, Singapura, Brunei, Kamboja, Slovakia, Bulgaria, Kazakhstan, Slovenia, Burkina Faso, Kenya, Spanyol, C.I.S., Korea (Rep.), Afrika Selatan, Kamerun, Kuwait, Sri Langka, Kanada, Kyrgyzstan, St.Christopher, Nevis & Anguilla, Cape Verde Island, Laos, Suriname, Cayman Islands, Latvia, Swaziland, Central African Republic, Libanon, Swedia, Chad, Leone, Swiss, Chili, Lesotho, Sudan, China, Liberia, Syria, Kolombia, Libya, Taiwan, Comoros, Liechtenstein, Tajikistan, Kongo, Lithuania, Tanzania, Costa Rica, Luxembourg, Thailand, Kroasia, Macao, Togo, Kuba, Madagascar, Trinidad & Tobago, Curacao, Malawi, Tunisia, Cyprus, Malaysia, Turki, Rep. Ceko, Mali, Turkmenistan, Denmark, Malta, Uruguay, Djibouti, Mauritania, Uganda, Dominican Rep., Mauritius, Ukraina, Ecuador, Meksiko, Uni Emirat Arab, Mesir, Monako, Inggris, El Salvador, Moldova, Amerika Serikat, Equatorial Guinea, Maroko, Uzbekistan, Estonia, Montserrat, Vatikan, Fiji, Mozambique, Venezuela, Finland, Myanmar, Verde Islands, Perancis (termasuk French overseas), Namibia, Vietnam, Nepal, Western Samoa, French Polynesia, Belanda, Windward Islands, Gabon, Kaledonia Baru, Yaman (Rep.), Gambia, New Guinea, Yugoslavia, Jerman, Selandia Baru, Zaire, Georgia, Nicaragua, Zambia, Ghana, Nigeria, Zimbabwe, Gibraltar, Norwegia, dan Jepang**.

** Beberapa laporan dari warga Indonesia di Jepang, SIM Internasional (Indonesia) tidak berlaku di negara tersebut. Secara umum, SIM International dapat dipakai selama 6 bulan di Jepang. Sumber wikipedia

One thought on “SIM Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You can use markdown, yes that awesome markdown.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.