Tentang Opera Dan Kota Wina

Kami bersorak dalam hati ketika melihat aksi Ethan Hunt & Ilsa Faust berloncatan di sebuah gedung opera dalam film terbaru Tom Cruise, seri kelima Mission Impossible. Entah karena kami mengenali interior gedung itu atau ada kerinduan untuk mengunjunginya kembali. Gedung itu adalah gedung opera kebanggaan kota Wina, Austria: Wiener Staatsoper (Vienna State Opera).

vienna_state_opera
Wiener Staatsoper

Wiener Staatsoper dibuka dua kali oleh karya dua komposer klasik yang menjadi ikon kota Wina. Ia selesai dibangun pada 1869 dan diresmikan pertama kali dengan pertunjukan berjudul Don Giovanni karya Mozart. Lalu ketika gedung teater dibuka kembali setelah Austria tidak lagi diduduki oleh Soviet, pertunjukan yang dimainkan adalah Fidelio, karya opera Beethoven satu-satunya.

Bagi penikmat opera, Wiener Staatsoper adalah salah satu gedung opera terbaik di dunia. Ia juga masuk ke daftar gedung opera paling sibuk sejagad raya karena dalam setahun ia memproduksi 50 sampai 60 opera dan sepuluh balet dengan jumlah pertunjukan mencapai 300 kali. Penduduk kota Wina sepertinya sudah terbiasa melihat beberapa produksi opera yang berbeda dalam seminggu.

Sedangkan bagi penggemar orkestra, gedung ini adalah kawah candradimuka calon anggota Wiener Philharmoniker (Vienna Philharmonic), salah satu grup orkestra tertua & terbaik di dunia. Anggota dari orkestra ini dipilih dari orkestra Wiener Staatsoper. Tapi syaratnya tidak hanya itu, pemusik harus bisa membuktikan kemampuannya bermain untuk opera dan balet minimal selama tiga tahun!

Jika kebetulan sedang berada di Wina, tak ada salahnya mengunjungi gedung ini dan melihat salah satu pertunjukan kelas dunia di dalamnya. Harga tiketnya sendiri bervariasi, dari tiga ratusan euro sampai tiga belas euro.

Jangan khawatir jika merasa harga tersebut masih terlalu mahal, golongan pas-pasan-tapi-ingin-menikmati-opera diperhatikan oleh pemerintah Austria. Berjalanlah ke Operngasse, nama jalan besar di sebelah kiri gedung opera. Carilah loket yang menjual tiket untuk kelas berdiri. Meskipun loket baru buka di 80 menit sebelum pertunjukan mulai, bersiaplah untuk datang lebih awal, karena peminat kelas berdiri ini cukup banyak. Maklum saja, untuk pertunjukan dengan tiket kelas VIP seharga €300, kelas berdiri dijual dengan harga tiga euro saja.

Selain lokasi menontonnya, Wiener Staatsoper akan memperlakukan pembeli tiket seharga €3 tak jauh berbeda dengan pemilik tiket kelas satu. Jaket, jas, mantel, payung, dan tas harap dititipkan sebelum masuk ke ruang pertunjukan yang tentunya tidak dikenakan biaya. Jangan melewatkan pemandangan interiornya ketika berjalan di koridor utama menuju loket box office, karena itu adalah bagian yang selamat secara ajaib dari bombardir serangan udara sekutu di Perang Dunia ke-2 yang meluluh-lantakkan gedung opera ini.

Lalu nikmatilah pertunjukan di panggung Wiener Staatsoper, panggung yang tak pernah berhenti merayakan kehidupan Wina sebagai kota musik.

vienna_state_opera_2

kakilangit

Certified scuba diver, avid traveler, zealous book reader, amateur photographer

Latest posts by kakilangit (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You can use markdown, yes that awesome markdown.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.