Visa India

Untuk memasuki India, warga negara Indonesia harus memiliki visa. Sebelumnya, kita dan 11 negara lainnya memiliki hak mendapatkan visa per kedatangan (voa: visa on arrival),  tapi kemudian pemerintah India menghapuskan kebijakan itu sejak 26 Januari 2015.

e-Tourist Visa

Pengganti voa adalah e-Tourist Visa (etv).  Pada saat tulisan ini dibuat ada 78 negara yang bisa mendapatkan visa ini asal memenuhi kriteria berikut:

  • Pelancong internasional yang tujuan kedatangannya adalah untuk rekreasi, melihat-lihat, mengunjungi saudara atau teman, pengobatan jangka pendek, atau kunjungan bisnis.
  • Setidaknya masih ada 6 bulan sebelum paspor kadaluwarsa, dan punya dua halaman kosong buat cap imigrasi.
  • Disarankan memiliki tiket pulang, atau keluar, dan punya cukup uang untuk hidup selama di India.
  • Bukan pemegang paspor diplomatik.
  • Masuk ke India melalui 9 bandara ini: Bengaluru, Chennai, Delhi, Goa, Kochi, Kolkata, Mumbai, Hyderabad, dan Thiruvananthapuram.
  • Dan yang terakhir: bukan keturunan Pakistan!

Tapi jika memenuhi kriteria di atas Anda tidak bisa langsung datang ke Indira Gandhi Airport dan meminta etv Anda. Beginilah alurnya:

etv-process-white

Form online ada di menu kiri atas halaman ini, batas minimal adalah 4 hari sebelum kedatangan untuk kunjungan maksimal 30 hari. Biayanya sekitar $60 ditambah biaya bank. Dan seperti biasa, non-refundable.

Visa Reguler

Visa reguler adalah pilihan kedua jika etv dirasa agak mahal, karena biaya untuk visa reguler untuk kunjungan sampai setengah tahun adalah Rp 530.000, sedikit lebih murah dari 60 dolar. Dan mulai bulan Juni 2012, semua permohonan visa reguler dilakukan lewat internet. Prosedurnya kurang lebih mirip dengan etv.

reguler-visa

Form online ada di menu kiri atas halaman ini. Dokumen yang dibutuhkan tidak begitu berbeda dengan aplikasi visa negara lain.

  • Form aplikasi online yang sudah diisi dan dicetak.
  • Paspor yang masih berlaku setidaknya setengah tahun ke depan.
  • Dua lembar foto terbaru, ukurannya 5x5cm.
  • Salinan tiket untuk perjalanan pulang pergi. Bisa memakai tiket pesawat booked without issued, sehingga Anda tak perlu membeli tiket sebelum visa keluar.
  • Rekening bank untuk 3 bulan terakhir. Cetak dari mutasi e-banking dan legalisir ke kantor cabang bank terdekat, cara ini jauh lebih murah daripada meminta bank mencetak rekening koran.
  • Bukti pemesanan hotel. Kami selalu memakai jasa booking.com, karena punya fitur pesan dan batalkan tanpa biaya.
  • Beberapa dokumen yang tidak disebutkan dalam ketentuan tapi biasanya menguatkan jika disertakan adalah: surat keterangan bekerja dalam bahasa inggris, salinan kartu keluarga, surat nikah, akte lahir, rencana perjalanan, dan tiket transportasi berpindah kota.

Bawa semua dokumen ke Kedutaan India, di JL HR Rasuna Said, Kav S-1, Kuningan, Jakarta Selatan, 12950, Indonesia.
Pengajuan visa tidak bisa diwakilkan karena jempol Anda sangat berarti. Pemindaian sidik jari diperlukan untuk pembuatan visa.

Kedutaan hanya menerima aplikasi hari Senin sampai Jum’at mulai jam 9 sampai jam 12 siang kecuali jika ada hari libur di India atau Indonesia. Dan pengambilan visa di sore hari pada pukul 4 sampai setengah lima. Datanglah di pagi hari, dan langsung mengambil kartu antrian di samping loket. Bawalah buku karena handphone tidak pernah berteman baik dengan kedutaan.

Seperti Bandung Bondowoso membangun Prambanan, atau kemunculan gerai baru Seven Eleven, waktu pemrosesan visa India sangat cepat, visa bisa diambil keesokan harinya.

visa-india
Visa India

 

12 thoughts on “Visa India

  1. Hi mas. Saya berencana berangkat ke India Februari tahun depan. Untuk persyaratan rekening koran, apakah bisa ya rekening yang diajukan adalah rekening orang? Thanks in advance 🙂

  2. Bisa booking nomor antrian ga untuk bikin visa? Soalnya yang mau ke India itu bos gw, kasihan kalau musti nunggu antri sampe lama. 🙁

    1. Pemindaian sidik jari diperlukan untuk pembuatan visa. Atau jika tidak ingin repot ke kedutaan, lewat e-Tourist Visa saja 🙂

  3. Hi mas.. mau tanya nih… sy kan lg di taiwan.. nah rencana sy.. sebelum pulang ke indonesia.. sy mau tour ke indi dulu… bisa gk bikin visa india di taiwan.. tanpa harus pulnag ke indonesia… jawab ya mas. .. plzzz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You can use markdown, yes that awesome markdown.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.